Jumat, 12 Agustus 2011

Apa arti PL buat idup lo.??

PL atau praktek lapang adalah satu mata kuliah wajib semester 6 di departemenku tercinta (Teknologi Industri Pertanian). Dengan PL kita bisa menerapkan ilmu-ilmu yang sudah kita pelajari di dunia kerja dan seperti apa cara mengaplikasikannya..
Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi PL. Ga cuma semua persyaratan administrasi yang harus dilengkapi tapi stamina, fasilitas, properti, dan hal-hal lain yang mendukung juga harus disiapin. Hehhe

Kenapa stamina perlu disiapin.???
soalnya,,departemen kita berbasis teknologi pertanian n pasti PL bakal dilkuin di pabrik-pabrik yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi (produk). Nahh..kalo uda kerja di pabrik pasti tau sendiri gimana n apa yang akan ditemui..

Hal penting lain yang tidak kalah penting buat disiapin yaitu "kos-kosan".
Kalo lo pergi ketempat PL sementara lo belum punya tempat tinggal alias kos-kosan lo mau idup dimana.??mau tinggal di wc pabrik.??hahaha
Kalo gw mah ogaahh..

Nah..bagi yang uda punya kos-kosan tapi kos-kosan lumayan jauh dari pabrik harus nyiapin "kendaraan" donk.
emang lo mau masuk kerja jam 7 trus jalan kaki n jaraknya jauh.??gempor-bempor de lo..hahaha
soo..bagi yang kosan jauh harus dipersiapin juga kendaraan, yang paling simple pasti motor la..

Tapiii. . . .kalo jarak tempat PL lo jauh dari kediaman lo (kampus, kosan, rumah oroginil lo),,lo kudu harus liat juga kondisi motor lo gimana..
kayak gw ni,,PL di Majalengka sementara motor gw di Bogor..sebelum berangkat gw service dulu tu motor biar dia fit soalnya Majalengka uda hampir diujung-ujung Jawa Barat kan..hahaha
oya,,motor gw namanya "mimi"..hee

Kalo semuanya uda siap,,kita bisa berangkat menuju tempat PL dengan tenang.

Tapi yang paling penting yang mau gw bahas adalah apa arti PL bagi idup lo.???
Bagi gw,,PL ga cuma sekedar mencari data dan memenuhi SKS buat dapatin nilai mutu alias IP..tapi PL adalah waktu bagi gw untuk bisa berinteraksi dengan dunia kerja.
Nah..berhubung ini adalah latian di dunia kerja,,gw nyari tempat PL yang jauh dari peradaban dan akses lokasinya juga lumayan sulit.
gw PL di PG Jatitujuh Majalengka..secara lokasi ni tempat jauh banget dari peradaban soalnya pabrik terletak di tengah-tengah kebun tebu. Masa iya kebun tebu letaknya di alun-alun kota.??haha
Kondisi inilah yang paling gw cari berhubung ini latian buat menghadapi dunia kerja. Gw cari kondisi yang paling sulit supaya tar pas kalo uda kerja beneran gw ga milih-milih lokasi kerja. Kalo emang gw dapat kerja di tempat yang enak dan nyaman,,pasti lebih enak lagi doonkkk soalnya gw uda tau kondisi kerja yang paling susah tu gimana..

sekedar sharing,,di lokasi PL gw selain akses jalan susah ditempuh,,akses internet juga sangat susah..sinyal yang tersedia cuma Indosat IM2..itupun lemooottttttt paraahh,.lo klik link terus lo bikin kopi-mie rebus dulu tar kalo uda siap semua lo duduk lagi didepan laptop baru de kbuka link yang lo klik tadi..Hahaaha
bayangin aja mahasiswa ga ada akses internet,,uda kayak orang gila de pokonya ga bisa buka fb, twitter, koprol, skype, blog, baca berita, semuanya de pokonya..
Pake hape sih bisa,,tapi kan ga seruuu..

Lupakan masalah kondisi n lokasi,.

PL g cuma pergi kerja doank tapi ada laporan juga yang harus diselesaiin yang tar dilaporin pas masuk kuliah lagi..
Nahhh..laporan inilah yang membuat mahasiswa PL jadi ribet,,jadi stress takut kalo laporan ga bisa diberesin. N Laporan spertinya menjadi target utama dalam PL..Pergi ke lapangan cenderung mencari data saja untuk mengerjakan laporan..
n gw juga ga munafik kalo gw juga nyari data..
tapi target utama gw bukanlah ngerjain laporan,,seperti yang gw bilang diatas gw pengen merasakan dunia kerja itu sperti apa..jadi laporan menjadi nomer kesekian bagi gw..
Gw pengen tau seperti apa yang dirasain para pekerja ketika sedang bekerja,,lembur,,dan lain-lain..Pengen tau juga bagaimana kalau gw diposisi mereka.
Ya intinya bagaimana gw bisa bersosialisasi dengan dunia kerja n orang-orang yang ada didalamnya..

Lebay kali y gw..hahaha

sebenernya masih banyak yang mo ditulis,,tapi kapan-kapan gw lanjutin lagi (kalo gw mau)..hehhe

#oyaa..ga bisa dipungkiri juga kalo PL itu PAKET LIBURAN..sialhkan maknai sendiri..Hahahah

itu cerita PL ku,,mana ceritamu.???

2 komentar:

asudomo mengatakan...

majalengka digoyang! hahahahaha

mia indriana mengatakan...

good. . good. . .
tapi laporan'a jangan di lupakan yaaa misep

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger