Rabu, 16 November 2011

DEPARTEMEN PPA BEM FATETA KABINET TOTALITAS REAKSI (2010/2011)

Profil Departemen PPA

Departemen Peningkatan Prestasi Akdemik (PPA) adalah salah satu departemen BEM Fateta kabinet Totalitas Reaksi (2010/2011) yang bergerak dalam bidang peningkatan prestasi akademik mahasiswa Fateta. Selain itu, departemen PPA juga memfasilitasi mahasiswa Fateta untuk mengembangkan potensi diri dan meningkatkan prestasinya.
Departemen PPA terdiri atas 8 orang anggota yang berasal dari seluruh departemen yang ada di Fateta. Berikut adalah nama-nama anggota departemen PPA :
1. Misep Astari (TIN 45) sebagai Ketua Departemen
2. Harli Prawaningrum (TMB 45) sebagai Sekretaris Departemen
3. Erydhatirti Diah Pramesti (ITP 46) sebagai Bendahara Departemen
4. Imam Rasyamlani (TIN 46) sebagai anggota
5. Anindya Sekar Putri (SIL 46) sebagai anggota
6. Nur Faizah (TIN 46) sebagai anggota

Setelah melakukan survei langung kepada mahasiswa Fateta guna mengetahui kebutuhan mahasiswa terutama dalam bidang akademik, maka departemen PPA menemukan banyak masukan untuk peningkatan prestasi Fateta kedepannya. Masukan-masukan tersebut menjadi program kerja PPA setahun kedepannya demi menjawab kebutuhan-kebutuhan mahasiswa Fateta terutama dalam bidang akademik.
Pada periode 2010/2011 ini departemen PPA mempunyai 4 program kerja utama, yaitu sebagai berikut :
1. The Future Today
The Future Today merupakan program kerja yang bertujuan membantu mahasiswa Fateta untuk memperoleh informasi dunia pasca kampus dan mampu mempersiapkan diri sebelum mereka memasuki dunia kerja nantinya. The Future Today akan dilaksanakn dalam 2 edisi. Edisi pertama berisi tentang bagaimana menghadapi dunia pasca kampus. Edisi ini insyaAllah akan dilaksanakn pada bulan Mei 2011. Acara ini akan dikemas dalam bentuk seminar dan workshop agar mahasiswa tidak hanya memperoleh ilmu semata tapi juga mencoba mempraktekkan langsung ilmu tersbut dengan orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Pada edisi ini, mahasiswa akan memperoleh banyak pengetahuan dan informasi mengenai bagaimana menjadi seorang job creator dan job sheeker. Karena tidak semua mahasiswa ingin menjadi job creator maupun job sheeker maka PPA akan berusaha mensinergiskan antara dua kebutuhan tersebut. Informasi-informasi utama yang akan diperoleh mahasiswa pada edisi pertama ini adalah bagaimana tata cara pembuatan CV yang baik, cara-cara membuat lamaran pekerjaan, cara-cara wawancara diperusahaan, cara mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, mengetahui bagaimana dunia kerja, kiat-kiat sukses dalam dunia kerja, dan lain sebagainya.
Pada edisi kedua yang insyaAllah akan dilaksanakan Oktober 2010 berisi tentang bagaimana cara untuk melanjutkan ke program S2. Karena sebagian mahasiswa ada yang ingin melanjutkan S2 terlebih dahulu baik didalam maupun diluar negeri sebelum memasuki dunia kerja. Edisi ini akan dibuat dalam bentuk seminar. Pada edisi ini mahasiswa akan diberikan informasi bagaimana cara untuk melnjutkan S2, cara memperoleh beasiswa baik didalam maupun diluar negeri,cara mempersiapkan diri untuk melanjutkan S2, mengetahui kiat sukses untuk menghadapi S2, dan lain sebagainya. Ketua pelaksana The Future Today ini adalah Imam Rasymalani (TIN 46).

2. LOFE
Lofe adalah Lomba Pengetahuan dan Wawasan Mahasiswa Se-Fateta. Lomba ini bertujuan agar mahasiswa Fateta tidak hanya pandai dalam bidang teknologi pertanian tapi juga memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga tidak ketinggalan dengan kemajuan zaman. LOFE dibuat dalam bentuk lomba cerdas cermat yang dikemas dalam bentuk yang menarik dengan beberapa babak yang harus dilewati hingga babak final. Lofe insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan November 2011 setelah Reds Cup selesai. Peserta Lofe berasal dari setiap departemen yang terdiri atas kelompok-kelompok yang akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Selain untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa Fateta, Lofe juga bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar mahasiswa Se-Fateta. Lofe akan memperebutkan piala bergilir LOFE yang akan dipegang 1 tahun oleh departemen yang menjadi Juara Umum Lofe. Juara umum Lofe didapat oleh departemen dengan perolehan nilai tertinggi berdasarkan peringkat yang diperoleh masing-masing kelompok dari departemen tersebut. Selain piala bergilir Lofe, juga diberikan hadiah kepada juara-juara Lofe baik dalam bentuk piala maupun sertifikat. Ketua pelaksana Lofe adalah (Anin SIL 46).

3. Bank Jurnal
Bank Jurnal adalah kumpulan jurnal-jurnal tentang teknologi pertanian yang mencakup semua departemen di Fateta. Bank Jurnal bertujuan untuk mempermudah mahasiswa Fateta dalam memperoleh bahan bacaan, sumber referensi atau literatur, dan lain-lain. Mahasiswa yang ingin menyusun karya tulis akan sangat terbantu dengan adanya bank jurnal ini. Selain itu, bank jurnal juga bisa menjadi referensi dalam penulisan laporan PL maupun skripsi. Departemen PPA akan mengumpulkan 250 jurnal selama kepengurusan BEM Fateta kabinet Totalitas Perjuangan yang dibagi menjadi 2 kali pengumpulan yaitu periode Januari-Juni 2011 sejumlah 125 jurnal dan periode Juni-November 2011 sejumlah 125 jurnal. Jurnal-jurnal ini akan dimuat di web site BEM Fateta agar dapat diakses oleh seluruh mahasiswa Fateta. Selain itu juga dapat diperoleh langsung dalam bentuk soft copy dari departemen PPA. Ketua pelaksana Bank Jurnal adalah Ririd (ITP 46).

4. Akademik Center
Akademik Center adalah wadah untuk menyampaikan informasi kepada mahasiswa Fateta terutama dalam bidang akademik. Selain itu, akademik center juga mnyediakan kotak saran untuk menampung aspirasi, keluhan, kritikan, dan masukan dari mahasiswa Fateta. Akademik center bekerja sama dengan biro advokasi yang akan menanggapi aspirasi mahasiswa tersebut untuk disampaikan ke dekanat Fateta dan mencarikan solusinya.
Info-info yang akan ditampilkan pada akademik center antara lain info-info beasiswa, lomba-lomba, prestasi mahasiswa Fateta setiap bulan, sosialisasi ujian, kata-kata mutiara untuk meningkatkan semangat mahasiswa untuk berprestasi, dan lain sebagainya. Akademik center akan dilaksanakan secara kontinyu selama kepengurusan BEM dengan konten-konten info yang akan selalu deperbaharui sesuai dengan ketersediaan konten yang bersangkutan.

Itulah ke empat program kerja departemen PPA setahun kedepan. Semoga bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh mahasiswa Fateta. Kritik dan saran dapat langsung disampaikan ke departemen PPA, atau dapat disampaikan pada kotak saran akademik center, atau langsung hubungi CP : 085711472514 / 08278887181 (Misep Astari).

“Mari kita berikan prestasi terbaik kita bagi Fateta tercinta.!!”
Fateta...Solid
Fateta...Solid
Fateta...Solid...Solid...Solid

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger