Jumat, 04 Februari 2011

Fieldtrip F3408, 24 January - 02 Februari 2011
Jawa - Bali

*    Senin, 24 Januari 2011
Fieldtrip TIN 45 dimulai pada hari Senin 24 Januari 2011. Kami berkumpul di ATM center IPB mulai pukul 03.40 untuk menyusun semua perlengkapan yang dibawa mulai dari koper, ransel, sepatu boot, dan sebagainya. Sebelum berangkat kami shalat subuh terlebih dahulu di mushalla di dekat GWW atau daerah Perwira. Setelah shalat kami berkumpul terlebih dahulu untuk mendengarkan pengarahan dari Pak Ono selaku dosen pembimbing kami. Tidak lupa pula ketua pelaksana Fieldtrip Panji Islam menyampaikan beberapa patah kata. Setelah itu dilanjutkan dengan doa bersama sebelum berangkat fieldtrip yang dipimpin oleh Bangkit Wiguna. Selanjutnya kami masuk ke bus masing-masing.
Perjalanan diawali dari ATM Center IPB jam 05.00 dan sampai di Bandung @ PTPN VIII (Teh Walini) pada pukul 09.30. Acara disini yaitu mengenalkan PTPN VIII dan sekaligus produk yang dihasilkan oleh PTPN VIII itu sendiri. Kami juga dibimbing untuk melihat secara langsung produksi teh walini di pabrik tersebut. Pada perusahaan ini kami dibagi menjadi dua kelompok untuk mengunjungi pabrik karena kapasitas pabrik yang tidak terlalu luas. Karena perusahaan ini memiliki produk utama berupa minuman teh, pastinya kami mendapat minuman teh dalam kemasan secara gratis yaitu Teh Walini.
Acara di PTPN VIII ini berakhir jam 12.30.
Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju BPTP di daerah Lembang, Bandung. Kami sampai di BPTP jam 14.15 dan langsung berkumpul di sebuah ruangan untuk mendengarkan penjelasan dari pegawai BPTP. Disini kami dijelaskan apa itu BPTP dan seperti apa program kerja dan ruang lingkupnya. Kunjungan berakhir Jam 16.00. Selanjutnya diberikan waktu untuk shalat, foto-foto, makan aneka jajanan di sekitar BPTP, dan lain-lain.
Kami melanjutkan perjalanan kembali jam 16.30 menuju Semarang. Di tengah perjalanan kami mampir makan dulu di Sumedang jam 18.00 sekalian shalat Maghrib dan Isya. Ada juga di antara kami yang mandi terlebih dahulu, tapi ada juga yang tidak mandi. Jam 20.00 kami berangkat lagi menuju Semarang.

*    Selasa, 25 Januari 2011
Kami sampai di Semarang jam 05.00 di rumah makan Sal Sabila. Disana kami shalat subuh, mandi, makan, istirahat, dan lain-lain. Jam 07.30 kami langsung berangkat menuju PT. Sidomuncul dan kami tiba di PT. Sidomuncul jam 09.00. Disana kami diajak berjalan-jalan dipabrik untuk melihat proses produksi berbagai produk yang dihasilkan oleh PT Sidomuncul secara langsung. Setelah pabrik dikunjungi, kami diajak melihat kawasan agrowisata yang indah dan didalamnya terdapat beberapa jenis hewan liar. Akhir dari perjalanan, kami berkumpul di sebuah tempat yang menyerupai rumah Joglo untuk melakukan sesi pertanyaan tentang PT Sidomuncul secara luas sambul meminum Jahe Wangi yang disuguhkan. Di akhir acara kami melakukan foto bersama dengan pegawai PT. Sidomuncul. Di sana kami juga mendapat bingkisan dari PT. Sidomuncul dengan isi yang bervariasi. Kunjungan selesai pada pukul 11.30 dan kami melanjutkan perjalanan ke Pabrik Coca Cola yang tidak jauh dari PT. Sidomuncul.
Perjalan menuju Coca Cola ditempuh sekitar 5 menit sehingga kami tiba disana lebih cepat. Untuk menunggu waktu kunjungan pada pukul 13.00, kami melakukan Ishoma terlebih dahulu. Namun, tidak semua mahasiswa ikut ke Coca cola karena jumlah maksimal kunjungan yaitu 80 orang. Sehingga 1 bus lagi yaitu Bus A pergi kunjungan ke pabrik yang berbeda yaitu Indofood divisi mie. Di Coca Cola kami dijelaskan bagaimana cara pembuatan Coca Cola mulai dari bahan baku hingga terbentuk produk Coca Cola itu sendiri. Di sini kami di suguhi minuman Coca Cola secara gratis. Kunjungan di pabrik Coca Cola sampai jam 15.00. Setelah itu kami menunggu Bus A dari indofood untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya.
Kami berangkat menuju Surabaya pukul 16.45 dari Coca Cola dan kami tiba di Solo jam 19.05 di restaurant untuk Ishoma, mandi, dan lain-lain. Selanjutnya kami berangkat kembali menuju Surabaya jam 20.35.

*    Rabu, 26 Januari 2011
Kami tiba di asrama haji Surabaya jam 03.15 untuk istirahat dan lain-lain. Setelah selesai mandi, sarapan, dan lain-lain kami melanjutkan kunjungan ke perusahaan KML (Kelola Mina Laut). Kami berangkat jam 07.30 pagi dan tiba di KML jam 08.30. Disana kami diajak melihat secara langsung produksi udang, ikan, dan crabs. KML merupakan  perusahaan eksportir terbesar di Indonesia sehingga pabriknya sangat luas dan tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Kami juga bertatap muka langsung dengan Presiden Direktur  KML pak M. Nadjik yang merupakan salah satu alumni sukses TIN yang mau meluangkan waktunya untuk kami di tengah kesibukannya. Padahal beliau harus keluar negeri untuk bertemu client. Kami mendapatkan banyak pengalaman, ilmu, motivasi dari kunjungan di Perusahaan KML ini. Di KML kami mendapatkan makanan gratis berupa produk olahan sea food. Selain itu, KML juga memberikan makan siang gratis kepada kami. Kunjungan selesai jam 12.00 dan selanjutnya kami pergi ishoma di mesjid sekitar KML.
Pukul 13.40 kami pergi ke Monumen Kapal Selam dan tiba dilokasi jam 15.15. Disana kami dijelaskan mengenai kapal selam, melihat vidio kapal selam dan langsung melihat monumen kapal selam Pasopati. Selanjutnya ada acara bebas dari jam 16.20-17.00. Acara bebas ini diisi dengan foto-foto, jalan-jalan, dan ada yang mengunjungi Plaza surabaya.
Selanjutnya kami kembali ke penginapan untuk istirahat dan lain-lain. Kita tiba dipenginapan jam 17.30 dan bisa melakukan segala aktivitas hingga pagi. Malamnya ada yang pergi ke ITS yang jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 3 km, ada yang jalan-jalan sekitar penginapan, dan ada juga yang langsung istirahat.

*    Kamis, 27 Januari 2011
Kita kembali berangkat menuju Mojokerto jam 06.45 setelah mandi, makan, dan lain-lain. Kami tiba di PT Tjiwi Kimia jam 08.20 dan langsung berkummpul di ruangan untuk penyajian informasi oleh PT Tjiwi Kimia. Pada perusahaan ini kami diajak berkeliling melihat proses produksi kertas dan buku secara langsung dan melihat pabrik serta peralatan yang luar biasa luas dan besar. Luas pabrik ini sekitar 250 ha sehingga kami harus menggunakan bus untuk berkeliling di pabrik. Kunjungan berakhir di sekitar tempat pembuangan limbah, dan disana kami berkumpul untuk malkukan tanya jawab.
Kunjungan selesai jam 12.00 dan kami melanjutkan perjalanan menuju pabrik indofood di Pasuruan. Kami tiba di indofood pukul 13.30 dan langsung ishoma. Kami menunggu disana sampai jam 15.00 karena jadwal kunjungan kami jam 15.00. Kunjungan selesai jam 16.30 setelah melihat proses pembuatan mie secara langsung dan melakukan tanya jawab terkait dengan Indofood. Kebetulan yang menjawab pertanyaan adalah salah satu alumni ITP 41 kak Indri. Pada perusahaan Indofood ini tidak semuanya yang mengikuti karena bus A sudah melakukan kunjungan ketika di Semarang. Jadi, buas B lah yang masuk ke pabrik untuk menyaksikan secara langsung proses produksi mie.
Pukul 17.00 kami langsung melanjutkan perjalanan ke Probolinggo untuk transit makan malam sebelum menyeberang ke Pulau Bali. Kami tiba dirumah makan Bromo Asri jam 18.20 dan melaksanakan ishoma dan mandi hingga jam 20.00. Jam 20.00 kita melanjutkan perjalanan menuju penyeberangan ke Bali. Kami tiba di Pelabuhan Ketapang jam 00.50 dan menunggu antrian untuk menyeberang. Di pelabuhan ketapang kami melihat para pemuda dan anak-anak yang berenang di laut di tengah malam untuk mendapatkan koin dari setiap orang yang hendak menyeberang ke Pulau Bali. Dan beberapa di antara kami juga ada yang melemparkan koin ke laut.

*    Jumat, 28 Januari 2011
Kami tiba di Pelabuhan Gilimanuk jam 03.00 dan langsung melanjutkan perjalanan. Kami berhenti sementara untuk shalat subuh di sebuah mesjid dan kembali melanjutkan perjalanan ke Taman Sari untuk mandi, makan, dan lain-lain. Kami sampai di Taman Sari jam 06.30. Setelah semuanya selesai, jam 09.20 kami melanjutkan perjalanan ke Taman Nadi yang menjadi pusat kebun kopi dan kopi luwak. Kami tiba di Taman Nadi jam 10.20 dan disana kami disuguhi kopi dan dijelaskan mengenai kopi luwak secara terperinci. Tidak semua kami yang mendengarkan penjelasan mengenai kopi ini, karena sebagian besar berfoto-foto ria diperkebunan kopi ini. Jam 12.00 kunjungan selesai dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Mesjid Al Ikhsan, Sanur untuk shalat, makan, istirahat, dan lain-lain. Kami tiba di Mesjid jam 13.00 dan pada pukul 13.40 kami melanjutkan perjalanan ke Chok Konveksi yang berjarak sekitar 5 menit. Disana kami diajak melihat proses produksi baju-baju dan bertemu langsung dengan pemilik Krisna yaitu Pak Adjik yang biasa dipanggil Chok. Bapak chok memulai usahanya dari "0" hingga menjadi PT Konveksi terbesar di Bali saat ini. Beliau berasal dari keluarga miskin yang sekarang menjadi orang yang kaya raya. Jam 16.15 kami berangkat ke Krisana yang paling besar di Sunset untuk melihat-lihat atau membeli ole-ole. Sampai dilokasi jam 17.30 dan langsung berbelanja dan lain-lain. Di antara kami juga ada yang berfoto-foto di mobil Jeep mewah milik Pak Chok yang jarang ditemukan di Indonesia.
Pada pukul 20.00 kami berangkat untuk chek-in di Hotel Made Bali. Kami tiba di hotel jam 21.00 selanjutnya melakukan aktivitas bebas. Ada yang berenang malam-malam dan ada juga yang langsung tidur. Beberapa di antara kami yang berenang malam-malam yaitu Wandodi, Adit, Tofa, Udin, Dani, Tori, Teguh, Panji awak, dan Misep (Maaf bagi nama yang tidak tersebutkan)

*    Sabtu, 29 Januari 2010
Hari Sabtu kami kembali berangkat menuju kunjungan berikutnya yaitu ke Cahayu yang merupakan pusat ole-ole makanan. Kami berangkat jam 07.15 dari hotel setelah selesai sarapan dan lain-lain. Sesampainya di Cahayu jam 07.55 kita langsung masuk dan melihat-lihat produksi di dalamnya. Pimpinan Cahayu Pak Robani (asal Magelang) menyambut kami dengan hangat dan dia memberikan banyak ilmu-ilmu baru kepada kami tentang berwirausaha, memberikan informasi, dan lain-lain. Bertemu dengan Pak Robani merupakan pengalaman yang berkesan karena beliau berasal dari keluarga yang tidak mampu hingga menjadi sukses seperti sekarng ini. Selain itu, Pak Robani adalah orang yang humoris sehingga kami dibuat tertawa terbahak-bahak walaupun sedikit agak pulgar. Selain itu, Pak Robani juga seorang trainer sehingga banyak motivasi dan ilmu yang kami dapatkan. Beliau menyajikan materi dengan contoh-contoh yang menarik. Misalnya Amel yang disuruh mematahkan bambu dengan jari kelingking, dan Abi yang mematahkan 3 bambu sekaligus. Pak Robani juga memberikan contoh usaha kecil yang berpotensi misalnya berdagang tahu tempe. Di tengah candanya beliau menanyakan siapa yang ingin menjadi pengusaha tahu tempe. Kebetulan saat itu hanya Diah Ayu yang mengacungkan tangan, sehingga Pak Robani memberinya uang modal sebesar Rp 50.000. Kami hanya bisa nelan air liur melihat itu. Kemudian Pak Robani menanyakan lagi siapa yang ingin menjadi pengusaha tahu. Karena kami sudah merasa malu untuk mengacungkan tangan, hanya Aryo yang mengacungkan tangan. Aryo ternyata juga diberi modal usaha sebesar Rp 50.000. Kami semakin menyesal kenapa tidak mengacungkan tangan sebelumnya. Kunjungan selesai jam 10.30 setelah melihat-lihat dan berbelanja aneka ole-ole yang tersedia di Cahayu.
Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Tanjung Benoa dan kami  tiba di pantai Tanjung Benoa jam 11.30 dan langsung berpencar untuk bermain sesuai keinginan. Ada yang bermain banana boat, ada yang pergi ke Pulau Penyu, ada yang bermain Flying Fish, dan ada juga yang berdiam diri di pantai untuk berfoto-foto ria. Disini kami juga sekaligus makan siang setelah bermain-main, foto-foto, dan lain-lain.
Pukul 14.00 kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Jogger untuk berbelanja dan main-main. Bus tidak mengantarkan kami langsung sampai ke Jogger karena sangat macet sehingga kami pergi ke Jogger dengan menaiki mobil seperti metro mini yang berwarna hijau. Gila mamen Joger lagi rame-ramenya waktu itu. Uda kayak pasar kaget hari minggu di bara aje. Selesai jam 16.30 dan selanjutnya kembali ke bus. Disini kami beristirahat sejenak untuk shalat, foto-foto, dan lain-lain di sekitar tugu di dekat bandara I Gusti Ngurah Rai.
 Pukul 16.50 kami melanjutkan perjalanan ke pantai Dream Land. Dipantai ini kami bisa melihat Sunset dan berfoto-foto ria. Karena keasyikan bermain-main ombak, diantara kami ada yang kehilangan sendal. Sampai-sampai juga ada yang kehilangan HP yaitu Nyama. Saat itu Nyama seperti lagi kena sial karena sebelumnya dompetnya juga hilang di Jogger. Teman-teman yang lain memberikan semangat untuk Nyama agar tidak terlalu sedih dengan semua itu.
Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Jimbaran (Seaview Cafe) jam 18.30 dan tiba di lokasi jam 19.15 untuk makan malam bersama. Sesampainya disana kami bisa melihat aksi penari api yang seksi yang memainkan api dengan indahnya. Banyak di antara kami yang merekam aksi itu. Selesai acara makan malam, acara dilanjutkan dengan pembagian 30 award yang sudah dinilai sebelumnya. Acara selesai jam 22.00 dan kami bersalam-salaman. Selanjutnya kami langsung melanjutkan perjalanan menuju ke hotel Made Bali untuk beristirahat mempersiapkan diri untuk perjalanan berikutnya. Sampai dihotel jam 23.00 kami langsung beristirahat.

*    Minggu, 30 Januari 2011
Kami melanjutkan perjalanan kembali jam 08.45 setelah chek-out, makan, dan lain-lain. Kami pergi ke Sangeh dan tiba di Sangeh 09.16. Di Sangeh kita bisa melihat-lihat pura sekaligus kera yang jinak-jinak. Saking jinaknya kera tersebut, mereka naik ke pundak kami tanpa izin dan pastinya pantatnya bau. Setelah berputar-putar di kawasan Sangeh, diantara kami ada yang berbelanja untuk mencari ole-ole di pusat perbelanjaan di Sangeh itu.
Pukul 10.45 kita selesai kunjungan di Sangeh dan melanjutkan perjalanan ke Bedugul. Perjalanan menuju Bedugul sangat indah karena di kanan dan kiri jalan terdapat pemandangan yang sangat indah. Karena banyaknya tikungan, di bus B ada permainan yaitu ketika belok kiri bilang iiiihhh....belok kanan bilang aahhhh...tanjakan bilang uuuhhhh....dan lurus bilang yyyeesssss... Permainan ini sangat asyik dan pasti di antaranya ada yang lebay mengucapkannya seperti film korea, china, jepang, dan lain-lain. Di perjalanan, mbok Sari yang merupakan Guide kami curhat tentang cintanya dengan sang kekasih yang sirna. Kami sudah terbawa suasana mendengar ceritanya yang sangat sedih itu. Ketika sampai di sebuah patung Polisi, dia berkata “itu dia mantan saya”. Ternyata ceritanya itu hanyalah Hooowwwaaaakkksssss belaka. Skor 3-0 untuk mbok sari yang berhasil mengerjai kami setelah hormat kepatung dan melihat selokan yang dibilangnya juga kelapa bercabang.
Jam 11.20 kami tiba di Bedugul dan langsung makan siang. Selanjutnya kami melanjutkan acara bebas. Ada yang main speedboat, foto-foto, dan lain-lain. Pemandangan di Bedugul sangat indah, karena danaunya sangat luas. Selain itu, suhu di Bedugul sangat dingin apalagi kalau naik speedboat mengitari danau Bedugul dan berhenti di sebuah pulau yang terdapat banyak villa.
Selesai dari bedugul jam 13.45 dan kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Jogja. Diperjalanan kami berhenti sementara untuk shalat Ashar dan Dzuhur di sebuah mesjid yang namanya lupa dilihat. Jam 16.55 kami kembali melanjutkan perjalanan.
Jam 17.45 kami tiba di pelabuhan Gilimanuk dan mengantri untuk menyeberang. Seperti biasa, acara foto-foto ria kembali dibuat di ferri sebelum kapal mulai berangkat. Kami tiba di pelabuhan Ketapang jam 17.30 dan langsung melanjutkan perjalanan. Selanjutnya kami berhenti sebentar di rumah makan jam 19.45 disekitar Ketapang untuk makan, shalat, dan lain-lain. Jam 21.00 kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Jogja.

*    Senin, 31 Januari 2011
Jam 04.30 kami berhenti shalat subuh di Dusun Batu, Kota Ngampel, Jatim. Selanjutnya kami berangkat lagi menuju Jogja jam 05.15 dan jam 09.10 kami tiba di Jogja di RM Grafika. Disana kami makan, mandi, istirahat, dan lain-lain. Setelah semuanya selesai, jam 10.50 kami meninggalkan RM Grafika untuk menuju Keraton Jogja.
Jam 11.30 kami tiba di Keraton. Kita berjalan-jalan di Keraton dengan didampingi seoranga guide sekaligus berfoto-foto ria. Kunjungan selesai jam 12.50 dan kami berkumpul kembali di bus untuk siap-siap berangkat ke UGM dan makan siang sudah tersedia di bus. Di bus ada yang makan dan ada juga yang duduk menunggu bus berangkat.
Jam 13.00 kami langsung berangkat menuju UGM. Sampai di UGM jam 13.30 dan langsung mengadakan pertemuan dengan UGM sekaligus mengunjungi 6 laboratorium di UGM. Setelah selesai shalat dan foto bersama, jam 17.15 kami menuju ke Pojok Beteng untuk melihat-lihat batik. Jam 18.00 kami tiba di Pojok Beteng dan hanya sebentar kami langsung melanjutkan perjalanan menuju tempat makan malam. Kami mulai meninggalkan Jokteng jam 18.30 dan tiba di RM jam 18.45 untuk makan malam.
Jam 19.38 kami kembali melanjutkan perjalanan menuju hotel untuk chek in. Kita tiba di Hotel Bhineka jam 19.55. Malamnya merupakan acara bebas, kita boleh pergi kemana-mana. Ada teman-teman yang langsung istirahat dan ada juga yang jalan-jalan ke Malioboro untuk lihat-lihat, berbelanja, nongkrong, dan lain-lain.

*    Selasa, 01 Februari 2011
Jam 08.15 kita meninggalkan Hotel Bhineka setelah mandi, makan, chek-out, dan lain-lain. Kami langsung berangkat menuju pusat bakpia. Jam 08.53 kita tiba di Bakpia Djava. Setelah puas berbelanja dan berfoto-foto ria, jam 09.40 kami melanjutkan perjalanan ke tempat kerajinan perak.
Pukul 10.00 kami tiba di Ansor's Silver. Disana kami bisa melihat proses pembuatan perak secara langsung dan melihat-lihat hasil kerajinan perak. Diantara kami juga banyak yang membeli pernak-pernik, dan yang lainnya pada asik berfoto-foto ria.
 Jam 11.10 kami kembali melanjutkan perjalanan menuju RM Taman Firdaos. Kami tiba di RM Taman Firdaos jam 11.25 untuk makan, shalat, dan istirahat. Jam 12.45 kami melanjutkan perjalanan kembali menuju malioboro. Jam 13.10 kami tiba di Malioboro dan pergi berpencar kemana-mana. Dan seperti biasa, foto-foto selalu mengikuti semua aktivitas kami dimanapun kami berada.
Jam 15.50 kami kembali berangkat untuk kembali ke Bogor. Jam 19.00 kami berhenti makan dan shalat di RM Candisari, Kebumen. Setelah selesai makan, shalat, dan lain-lain, kami melanjutkan perjalanan terakhir menuju Bogor Jam 20.15.

*    Rabu, 02 Februari 2011
Jam 04.45 kami mampir shalat di Tol daerah Cibubur dan kembali melanjutkan perjalanan jam 05.35 menuju Bogor. Dan jam 06.45 kami tiba di ATM center Bogor dan selanjutnya pergi ke kosan masing-masing.

Perjalanan Filedtrip ini merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Kami semakin akrab, kompak, dan semakin bersahabat. Kami juga mendapat banyak pengalaman, ilmu, pelajaran, dan kenangan yang sangat berharga bagi hidup kami. Hidup TIN 45.
TIN........JAYA

Catatan :
Waktu yang digunakan adalah Waktu Indonesia Barat (WIB), untuk Bali silahkan ditambahkan 1 jam dan waktu berasal dari jam Hp gw (Misep Astari/F34080096).